Senin, 19 April 2010

Mengapa G30S PKI gagal?


Dalam buku ini, Pak Mayjen. (Purn.) Samsudin secara jeli dan cerdas membedah leadership para pimpinan PKI yang menjadi salah satu penyebab kegagalan gerakan pemberontakan tersebut. Analisisnya mengatakan bahwa kegagalan pemberontakan itu bermuara dari kepemimpinan top leader PKI, DN Aidit, yang dianggapnya tidak mampu dan salah mengambil putusan pada saat-saat kritis pelaksanaan kup. Menurut penulis, Aidit melakukan kesalahan paling fatal yakni meninggalkan Jakarta dan lari ke Jawa Tengah, dini hari tanggal 2 Oktober 1965, sehingga gerakan ini kehilangan komando dan mengakibatkan tercerai berai.
Dengan latar belakang pengalamannya sebagai perwira tentara, penulis buku ini sangat fasih dan rinci dalam menguraikan gerakan militer dari kelompok pemberontak serta gerakan militer balasan dari tentara di bawah koordinasi Mayjen. Soeharto.
Berbeda dengan penulis lainnya yang tidak berlatar belakang militer, uraian mengenai gerakan militer kedua belah pihak disajikan dengan baik oleh penulis. Di samping itu, buku ini juga patut dihargai karena melampirkan pula beberapa arsip sejarah yang sangat berkaitan dengan topik buku ini, antara lain, naskah kuliah dari Ketua PKI DN Aidit mengenai Pancasila, Dokumen Gilchrist, Perintah Harian Men/Pangau Laksamana Madya Udara Omar Dhani tentang Kewaspadaan terhadap Provokasi, pidato Mayjen. Soeharto tentang penculikan para jenderal, amanat Presiden Soeharto pada tanggal 2 Oktober 1965, dan Pengumuman Presiden Soekarno tentang Penyerahan Kekuasaan Pemerintah dari Soekarno kepada Soeharto
"Bangsa yang tidak belajar dari sejarahnya sendiri akan terpaksa mengulanginya".
Yayasan Obor Indonesia
Jl.Plaju No. 10 Jakarta 10230 Telp. (021)31926978; 3920114
Faks. (021)31924488 Email:yayasan_obor@cbn.net.id http://www.obor.or.id
ISBN 979-461-511-0
Tertarik dengan buku ini?........
silahkan beli buku ini di Gramedia atau Toko buku kesayangan anda.
atau sabar...........,sebab saya masih ragu-ragu untuk menscaningnya.sebab pro dan kontra pasti akan terjadi.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online